ARTIKEL TENTANG PENDIDIKAN BERBASIS TEKNOLOGI



Perkembangan teknologi informasi saat ini memberikan dampak yang luas bagi perkembangan Internet dan World Wide Web (biasa disebut dengan web), sehingga jarak bukan lagi merupakan suatu hambatan untuk melakukan aktifitas, Tahun 1993 merupakan tahun internet mulai dikenal banyak oleh masyarakat luas, terbukti dengan munculnya puluhan website, baik website personal maupun website perusahaan saat itu.
Komputer  telah mencapai perkembangan yang sangat mengagumkan. Hampir semua bidang pekerjaan di dunia dapat dikerjakan oleh komputer. Pekerjaan yang dahulu membutuhkan banyak tenaga manusia, sekarang telah tergantikan oleh mesin, yang semuanya itu kerjakan oleh komputer.
Perkembangan ini semakin meningkat dengan dukungan teknologi internet yang menghubungkan  beberapa komputer untuk saling berkomunikasi baik mengirim maupun menerima data walaupun pada jarak yang sangat jauh. Dengan kemampuan internet yang diintegrasikan dengan komputer, maka komputer dapat dimanfaatkan sebagai alat bantu untuk berbagai hal salah satunya dalam bidang pendidikan.
internet juga memiliki fungsi di dunia pendidikan antara lain :

1.Memperluas wawasan dan pengetahuan

Wawasan dalam internet jauh lebih banyak sama halnya bersosialisasi dengan jutaan orang di luar sana wawasan ini di fungsikan sebagai media pembelajaran yang cocok yang belum ada di sekolah dan dapat mencari tambahan ilmu di internet dan jauh lebih lengkap dibanding buku buku yang ada di sekolahan dengan cepat dan efektif

2.Sebagai sarana komunikasi

Kita juga dapat memanfaatkan sarana internet sebagai saran komunikasi dengan banyak orang, dengan berkomunikasi kita dapat memperoleh informasi dari orang lain yang kita butuhkan dengan mudah maupun menyenangkan, serta dengan adanya internet komunikasi tersebut dapat dilakukan sebagai media diskusi antar siswa.

3.Sebagai solusi mempermudah pekerjaan

Dengan adanya internet siswa juga dapat meyelesaikan pekerjaannya secara mudah dan cepat karena dapat mengakses berbagai refrensi dari berbagai sumber yang terdapat di internet. hal ini juga termasuk dalam pembelajaran aktif karena informasi tidak hanya berpusat pada guru.

4.Sebagai alat bantu pembelajaran jarak jauh

Dengan internet pembelajaran dapat dilakukan dari jarak jauh, misalnya dengan menggunakan E-learning pembelajaran dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi internet sebagai media komunikasi antara guru dengan siswa. Komunikasi tersebut bertujuan untuk pemanfaatan teknologi yang terus berkembang hingga saat ini, serta dapat dengan mudah melakukan pembelajaran tanpa harus datang ke sekolah.

Dalam pendidikan berbasis teknologi tidak luput dengan yang namanya pendidikan TIK yang memiliki dua aspek penting yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi kedua hal tersebut memiliki arti yang berbeda teknologi informasi memiliki arti : fasilias fasilitas yang teridiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) dalam mendukung sekaligus meningkatkan kualitas informasi seluruh pengguna di seluruh dunia secara cepat dan berkualitas sedangkan teknologi komunkasi adalah : fasilias fasilitas yang teridiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software)yang memungkinkan setiap orang mengumpulkan memproses dan saling bertukar informasi dengan banyak orang di seluruh penjuru dunia



Dengan kemajuan teknologi yang semakin lama semakin maju dan berkembang pesat menjadikan proses pembelajaran menjadi efisien dan efektif dan maka dari itu kita sebagai orang yang pintar dan mahir daam bidang teknologi kita wajib memberi ilmu kepada teman dan generasi penerus kita yang belum mengenal ilmu teknoligi agar kela mereka kelak mereka akan memperoleh banyak manfaat dan mencapai cita-cita di massa yang akan datang.
Oldest