KTI - BAHAYA MEROKOK

BAHAYA MEROKOK



             A.   BELAKANG LATAR
Kebiasaan merokok sudah menjadi budaya diberbagai negara dipenjuru dunia. Terutama di Indonesia, Mayoritas perokok diseluruh dunia ini,saat ini kurang lebih 47 % adalah pria sedangkan 12 % adalah wanita dengan berbagai kategori umur. Latar belakang merokok beraneka ragam, dikalangan anak-anak dan remaja baik tua mapun muda  adalah faktor terpengaruh dari teman atau faktor coba coba. Sedangkan kalangan orang tua adalah faktor stres dan karena kecanduan dan faktor penyebab keinginan untuk merokok.
Rokok adalah silinder dari yang berisi daun tembakau yang telah dicacah dan di olah sedemikian rupa dan cara pemakainannya dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada pangkal rokoknya.  

           B.  RUMUS MASALAH
1. Bagaimana cara mengetahui dampak merokok  ?
2. Bagaimana cara mengurangi dampak perokok di dunia ?

     C.TUJUAN
 cara mengetahui dampak  merokok
 cara mengurangi dampak perokok di dunia

     D. PEMBAHASAN
1.Merokok merupakan kebiasaan buruk oleh sebab itu kita harus mengetahui dampak bahaya merokok .rokok mengndung bahan bahan yang berbahaya bagi kesehatan manusia contoh bahan berbahaya yang terkandung dalan rokok antara lain :Nikotin, Acrolein, Carbon Monoxida, Amonia, Formic Acid, Hydrogen cianida , Nitrous Oxyde, Acethol , Phenol Tar, methanol dan masih banyak lagi zat-zat yang berbahaya bagi tubuh kita . merokok  berdampak bagi tubuh manusia terutama bagi kesehatan rokok dapat menimbulkan berbagai macam penyakit seperti : kanker usus, kanker paru paru, kanker hati, kanker mulut,  sesak nafas  ,impotensi dan masih banyak lagi, terutama bagi wanita yang sedang hamil merokok dapat mempengaruhi janin dan yang paling mengerikan dapat mengakibatkan kegagalan dalam kelahiran bayi dan menyebabkan kematian. Dengan demikian kita tahu bahwa rokok sangat ber bahaya dan oleh sebab itu mari kita berhenti dan mengajak saudara –saudara  kita agar berhenti merokok

2. Indonesia merupakan Negara yang menganggap masalah tersendiri terhadap perokok. Hal tersebut sering di temui di kota – kota besar maupun di pelosok desa ,salah satu solusi menurunkan  jumlah perokok adalah dengan menaikkan harga rokok dan mengurangi jumlah produksi rokok. Dengan menetapkan aturan untuk menaikkan harga rokok sebagai upaya dalam mengurangi perokok aktif  di Indonesia, diharapkan  negara-negara lain ikut menaikan harga rokok seperti di Indonesia. Pengurangan terhadap perokok akan berdampak pada kesehatan masyarakat, baik di Indonesia ataupun negara-negara lainnya. Oleh karena itu peningkatan harga rokok selain mampu untuk mengurangi perokok aktif, juga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam hal kesehatan khususnya perokok aktif, serta perokok pasif pada umumnya. Upaya meningkatkan harga rokok tersebut juga harus didukung oleh pemerintah dengan mengadakan sosialisasi terhadap instansi-instansi pemerintahaan dan masyarakat pada umumnya, sehingga akan lebih efektif dan efisien. Hal tersebut akan mampu membuat penurunan jumlah perokok di Indonesia dan juga mensejahterakan masyakarat Indonesia.

     E.  KESIMPULAN
 Merokok merupakan kebiasaan buruk yang harus dikurangi  dan bisa berdampak bagi kesehatan manusia, perokok salah satu upaya dalam mengurangi dampak perokok di dunia adalah dengan meningkatkan harga rokok dan mensosialisasikan dampak dan  efek  berbahaya merokok khususnya generasi muda sebagai penerus bangsa dengan mengurangi dampak perokok, maka generasi muda akan menjadi generasi yang berprestasi sebagai pnerus bangsa.

     F. DAFTAR PUSTAKA
Muda Indonesia. 2016. Artikel Tentang Bahaya Merokok. (online) (http://mudaindonesia.com) diakses Agustus 2016.
nervouzer. 2016. Artikel Tentang Bahaya Merokok. (online) (https://nervouzer.wordpress.com) diakses Agustus 2016.









Previous
Next Post »